RSS

Cara Membuat Security File pada Microsoft Word

Microsoft Word adalah perangkat pengolah kata yang dibuat oleh Microsoft. Microsoft word sudah familiar dikalangan pengguna komputer pada umumnya. Microsoft word begitu mudah (user friendly) sehingga dijadikan andalan bagi pengguna, tetapi dibalik itu, banyak kelemahan yang dimiliki oleh word ini. Salah satu kelemahannya yaitu begitu mudahnya file dibuka/dicopy oleh orang lain tanpa seizin penggunanya, bila file tersebut hilang, maka orang yang menemukannya juga mudah saja memilikinya. 

Kelemahan lainnya yaitu banyaknya virus yang beragam dan menyerang microsoft word ini. Extensi .doc dan extensi .rtf sudah dikenal oleh pembuat virus. Tentu saja, hal ini sangat merepotkan pengguna (user) microsoft word ini. Perkembangan Microsoft word ini juga sudah semakin modern, diantaranya Microsoft Word 2003, XP, 2007, 2010. Sebenarnya ragam microsoft word ini sudah dikembangkan, tetapi banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menambahkan Security pada Microsoft Word ini.

Saya mencoba untuk membantu bagaimana cara Memberi Security File Microsoft Word dengan menggunakan password dan read only file. Keamanan ini dibuat agar sebelum kita membuka file, maka menginput password terlebih dahulu, dan file tidak bisa diubah karena sifatnya hanya dapat dibaca (read only).

Pertama kita akan membuka file pada halaman muka Microsoft Word dengan cara klik 2x Aplikasi Microsoft Word, lalu pilih File àNew. Selanjutnya kita mengetik tulisan yang kita inginkan. Setelah selesai maka proses untuk membuat password yaitu:

File à Save As à Tools à Security Options à  Klik Ok


Setelah itu maka akan muncul tampilan Security, maka langkah selanjutnya

Isi kotak Password to Open = (misal) 123456

Password to Modify = 123456

Lalu klik pilihan Read-Only Recommended = Ceklist à Klik Ok

 

Setelah itu maka muncul Kotak Dialog Confirm Password à Lalu ketikkan (misal)= 123456 à Reenter password = 123456 à Klik Ok

Tulis nama file yang akan disave à Klik Ok

Setelah itu kita akan memiliki file Microsoft Word (misal : Membuat Password.doc). Maka bila anda membuka file tersebut maka akan muncul Kotak Dialog Confirm Password sebanyak 2x, lalu ketikkan password anda.

Demikian cara yang saya gunakan untuk membuat password, semoga anda bisa mencobanya. (Anggih Tangkas Wibowo)

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: